Semua Arti Nama Anak dan Nama Bayi Laki Laki serta Perempuan

Kamis, 17 Maret 2016

Arti Tanggal Lahir


Setiap manusia yang lahir di dunia pasti memiliki catatan kelahirannya. Dan bagi masyarakat Indonesia arti tanggal lahir menjadi misteri tersendiri yang selalu mengusik. Banyak yang masih percaya bahwa tanggal lahir berarti banyak hal khusus dan istimewa. 

Banyak buku yang sudah terbit dan memberi pandangan tentang berbagai macam penafsiran tentang hal ini. Tanggal menjadi hal yang banyak diperbincangkan karena ada kemungkinan yang besar dengan suatu kejadian penting yang bersamaan dengan tanggal tersebut.

Untuk Perhitungan Hari Baik

Dalam kebudayaan Jawa misalnya, arti tanggal lahir bisa digunakan untuk menghitung hari baik untuk menikah dan dicocokkan dengan kedua mempelai. Selain itu, tanggal lahir bisa digunakan juga untuk mengetahui sifat dan karakter seseorang yang lahir pada suatu tanggal tersebut. 

Arti-Tanggal-Lahir

Contohnya saja, seseorang yang lahir tanggal 1 suro berarti ia memiliki sifat pemberani namun ngeyel yang susah diatasi.

Berikut ini adalah perkiraan karakter dalam budaya Jawa menurut tanggal lahir seseorang yang sering dijadikan patokan oleh masyarakat di sekitar kita.
  1. Satu angkuh dan besar kemauannya, tetapi jika maksud yang di tuju tidak tercapai mudah berputus asa dan tidak dapat di perbaiki oleh orang lain, menjadi urusan orang.
  2. Dua banyak anak dan sahabat, tetapi sayangnya pilih kasih, pelupa serta mudah putus asa atau gampang menyerah pada sebuah keadaan.
  3. Tiga sederhana dan mukanya manis, hatinya keras tetapi cepat juga luluhnya, mudah menyayangi atau gampang terpesona di pandangan pertama.
  4. Empat ingatannya kuat, pandai berbicara, banyak berfikir tentang hal baik, terlalu lama mengambil tindakan, kadang kala perhitungannya keliru karena keterlambatan.
  5. Lima pandai berbicara, suka menyakiti, pemarah tetapi suka memberi uang/ makanan kepada orang lain, tidak boros dan pintar menyimpan uang.
  6. Enam bodoh, pelupa, ceroboh, malas seolah-olah dalam hidupnya selalu tertimpa kesialan/ banyak mengalami kegagalan di setiap tindakannya.
  7. Tujuh pandai berbicara, tidak termasuk orang yang setia terhadap pasangannya, kadang kala suka hal-hal yang menantang.
  8. Delapan jalan fikirannya / ide - idenya bagus, di sukai banyak teman atau sahabat, teliti dan setiap melangkah selalu berfikir/hati-hati.
  9. Sembilan hati keras, pemarah dan lama tenangnya, berfikiran sedang serta selalu mengikhlaskan hal yang hilang atau pergi dari kehidupannya, barang/ pasangan.
  10. Sepuluh tidak cerdas, tidak juga bodoh (sedang), suka bergunjing, paling tidak mampu menyimpan rahasia orang lain, tidak bisa di percaya.
  11. Sebelas berfikiran luas, pandai bergaul, suka mengaku dirinya pandai, tetapi tahu sopan santun, pesonanya mampu menutupi sifat aslinya/ kekurangannya.
  12. Duabelas jika diam kurang menyenangkan, bicaranya tepat dan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tetapi suka ada maksud tersembunyi/ merahasiakan rencana.
  13. Tigabelas pandai bicara, tepat dan banyak akalnya, keras kepala/egoisnya tinggi, tidak mudah emosi tapi jika sudah marah cukup menakutkan/ pendendam.
  14. Empatbelas percaya pada diri sendiri, suka bicara yang baik, tahu akan perbuatan yang suci lahir dan batin/ suka beribadah.
  15. Limabelas gaya berfikirnya luas, bicaranya baik, bisa jadi seorang rohaniawan tetapi kadang tidak kuat godaan/ mudah terpengaruh dengan hal - hal menyenangkan.
  16. Enambelas ceroboh, pemalu/ tidak mudah bergaul, pelupa dan berwajah sedang/ tidak cantik/ tidak ganteng/ tidak pula jelek.
  17. Tujuhbelas banyak sahabatnya yang menyetujui pendapat maupun ide bagusnya, apabila menjadi pemuka agama bisa membimbing keluarga atau banyak orang.
  18. Delapanbelas banyak akal, pandai bicara, tidak setia terhadap pasangannya, gemar mencoba hal-hal yang baru serta tidak setia kawan.
  19. Sembilanbelas Keras hatinya, sering marah dan mudah redanya, suka menyumbangkan pikiran atau harta bendanya tetapi sedang mendapat pujian.
  20. Duapuluh pelupa, tidak suka berfikir yang keras, menyenangi hal yang instan, sering menjadi tempat curhat oleh banyak sahabatnya/ orang yang lebih tua di atasnya.
  21. Duapuluh satu luas pikirannya, banyak bergaya, sopan santun,pandai menempatkan posisi/ cepat beradaptasi dengan lingkungan baru sekalipun.
  22. Dua puluh dua suka berpikir, tidak banyak bicara tetapi banyak tahu/ banyak pengalamannya, tidak mudah percaya terhadap orang lain/ percaya pada diri sendiri.
  23. Duapuluh tiga pandai berbicara, emosinya sering tidak terkendali, suka mengatur/ suka di hormati, pekerja keras/ suka berspekulasi tinggi walaupun kadang terjatuh.
  24. Duapuluh empat berpengetahuan luas, suka berbicara yang baik - baik saja, suka menerima apa adanya, walaupun marah tetapi tidak berani menunjukannya.
  25. Duapuluh lima bila berbicara selalu hal yang berbau agamis, tetapi pengetahuannya sebenarnya tidak banyak, mudah marah terhadap orang yang menyinggungnya.
  26. Duapuluh enam pemalas,mudah lupa, selalu iri terhadap kesuksesan orang lain, pandai mengalihkan pembicaraan atau pintar berbohong, setia terhadap pasangannya.
  27. Duapuluh tujuh banyak perhitungan, baik dalam hal bagus maupun jelek, loyalitas terhadap pekerjaannya sangat tinggi, mementingkan orang lain dari pada diri sendiri.
  28. Duapuluh delapan perkataannya tidak menyenangkan, selalu menyinggung perasaan orang lain tapi tidak menyadarinya, kalau di beri saran jarang menerimanya.
  29. Dua puluh sembilan keras hatinya, suka menolong, punya ketegasan seorang pemimpin, suka mengatur dan bila memberikan penjelasan mudah di terima orang lain.
  30. Tigapuluh angkuh, cukup tegar, apabila terkena rintangan yang besar bukan sebuah masalah baginya, mudah belas kasihan terhadap orang lain.
  31. Tigapuluh satu pekerja keras, suka memamerkan kekayaanya, suka berbagi dan suka juga di puji, setia terhadap pasangannya dan peduli kepada keluarganya.

Percaya Tidak Percaya

Meski terlihat sangat sepele dan sangat erat dengan mitos, namun tak sedikit pula yang percaya dengan arti tanggal lahir yang banyak berkembang di masyarakat. Terutama di Jawa, bahkan tak hanya tanggal, namun hari juga berpengaruh dengan sifat dan karakter seseorang. Setiap tanggal dan hari lahir memiliki maksud dan arti tersendiri dalam kehidupan masyarakat Jawa.

Baca Juga : Arti Nama Seseorang

Sebagai hal yang erat dengan mitos, tanggal lahir banyak dipercayai banyak orang namun tak sedikit pula yang kurang percaya dengan adanya arti atau makna khusus di setiap tanggalnya. Dalam adat Jawa, hal paling simple yang bisa dijadikan parameter adalah dalam meramalkan perangai atau karakter seseorang. Bisa dipastikan ada beberapa orang yang memiliki sifat sama seperti yang diramalkan, ada pula yang berbeda sama sekali. Itu tadi merupakan karakter yang tercermin dalam tanggal lahir menurut adat jawa. Percaya atau tidak, sepenuhnya diserahkan kepada Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Arti Tanggal Lahir